Saleum

Selamat Datang di Forum Pembelajaran: Komunitas Pojok Kampus. Terima kasih atas kunjungannya.

Featured post

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU TERKAIT FOKUS MASALAH YANG DIANGKAT DALAM DRAFT PROPOSAL PENELITIAN Dosen Pengampu: Dr. Anton Widyanto...

PERAN SOSIAL DAN MANAJEMEN BADAN KESEJAHTERAAN MASJID (BKM) DALAMMEMAKMURKAN MASJID DARUL FALAH BANDA ACEH

DESKRIPSI SINGKAT PENELITIAN

*Zikri Hariadi

**Anton Widyanto

Masjid memiliki peran yang sangat penting dalam konteks kehidupan masyarakat. Dalam hal ini masjid pada dasarnya berperan untuk membangun serta mengembangkan intelektualitas masyarakat, kegiatan-kegiatan sosial, meningkatkan perekonomian, atau menjadi tempat solusi permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat saat ini. Oleh sebab itu masjid dituntut untuk dikelola secara profesional.

Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Darul Falah Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh yang terbentuk pada Mei 1992 telah memperlihatkan tugas dan fungsinya berjalan dengan baik dan benar. Masyarakat Gampong Pineung menjalankan Ibadah Shalat lima waktu sesuai dengan ajaran yang telah diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Kuantitas jama’ah shalat fardhu terlihat selalu banyak. Dari segi pendidikan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) juga sangat berkembang, banyak anak-anak Kampung lain yang belajar di Masjid Darul Falah, sampai dengan dibentuknya Ma’had Tahfidz Halaqah Tahfidzul Qur’an Darul Falah.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi masjid-masjid di kota Banda Aceh lainnya, karena sebagaimana diketahui bahwa tidak semua masjid yang ada dalam suatu masyarakat telah menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai yang diamanatkan oleh lembaga Kementerian Agama. Masih banyak masjid-masjid di Aceh saat ini yang bahkan hanya untuk menjalankan shalat lima waktu belum terpenuhi, sehingga untuk menjadikan masjid sebagai tempat sentral kebangkitan Islam sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah juga masih belum dapat terwujud.

Download Hasil Penelitian

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.