07 November, 2016

MK FILSAFAT PENDIDIKAN

Deskripsi Umum
Filsafat yang seringkali dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan (mother of sciences). Filsafat seringkali pula disinyalir sebagai cabang ilmu  “tertua” (meski tentu saja debatable) yang dalam perjalanan sejarah keilmuan tidak hanya menduduki posisi penting dalam ilmu-ilmu “umum”, akan tetapi juga ilmu-ilmu “keislaman”. Keberadaannya tidak hanya berpengaruh pada semakin dinamisnya perkembangan  berbagai disiplin ilmu pengetahuan, akan tetapi juga memberikan pengaruh tersendiri pada perjalanan peradaban manusia.

Mata kuliah Filsafat Pendidikan  ini diorientasikan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang utuh tentang dasar pemikiran filsafat pendidikan baik filsafat pendidikan Barat maupun filsafat pendidikan Islam. Perpaduan ini dirasa sangat penting agar ada keseimbangan pemahaman yang dimiliki mahasiswa dan tidak berat sebelah (bias). Dalam mata kuliah ini akan dibahas beberapa materi meliputi  hakikat pendidikan, hakikat pendidik, hakikat peserta didik, hakikat kurikulum, hakikat metode serta perbandingan pemikiran beberapa tokoh filsafat pendidikan Barat dan filsafat pendidikan Islam. Topik-topik yang ada dalam silabus akan dikemas dalam course outline dengan format disederhanakan mengingat mata kuliah ini hanya berbobot 2 SKS yang diharapkan selesai dalam 16 kali pertemuan.
Panduan lengkap mengenai mata kuliah ini bisa dilihat dalam link berikut.
Share This

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured post

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU TERKAIT FOKUS MASALAH YANG DIANGKAT DALAM DRAFT PROPOSAL PENELITIAN Dosen Pengampu: Dr. Anton Widyanto

Popular Posts

Search This Blog

Saleum

Selamat Datang di Forum Pembelajaran: Komunitas Pojok Kampus. Terima kasih atas kunjungannya.

Contact Me

Contact Form

Name

Email *

Message *