07 November, 2016

MK HADIS

Deskripsi Umum
Mata kuliah hadis ini didesain untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang hadis-hadis tarbawi. Materi-materi hadis yang disusun adalah terkait dengan konsep dasar iman dan Islam, pendidikan anak, hubungan antara anak dan orang tua, hubungan antara sesama muslim dan muslim, konsep menjadi pemimpin dalam Islam dan konsep taubat. Mahasiswa akan dibimbing untuk memahami hadis yang terkait dengan materi-materi tersebut dengan melakukan penalaran dan pemaknaan baik tekstual maupun kontekstual. Lebih dari itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menguasai beberapa hadis terkait lewat cara hafalan (tahfiz al-hadits).

Metode Pembelajaran

Ada beberapa metode yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini:
  1. Metode diskusi. Sebagian besar materi dalam perkuliahan ini akan memakai metode diskusi. Diskusi yang dimaksud terbagi menjadi dua jenis yaitu diskusi di kelas dan diskusi online. Untuk diskusi di kelas, mahasiswa akan dibagi dalam beberapa kelompok besar, di mana masing-masing anggota kelompok akan menjadi pemateri pada kelompok-kelompok diskusi kecil yang disusun secara acak. Penilaian atas kualitas presentasi akan diberikan oleh masing-masing anggota kelompok-kelompok diskusi kecil tersebut. Sistem ini ditujukan untuk mengantisipasi adanya penyerahan tanggung jawab kepada individu tertentu dalam pembuatan dan penguasaan makalah yang ditugaskan. Sehingga dengan demikian masing-masing anggota akan termotivasi untuk menguasai makalah kelompoknya dengan baik. Adapun terkait dengan diskusi online, kelas ini akan dibuatkan sebuah mailing list (milis) yang mempergunakan fasilitas yahoo groups, di mana masing-masing mahasiswa diminta untuk bergabung di dalamnya. Metode ini ditujukan agar mahasiswa tidak mengalami “gagap teknologi” di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini.
  2. Metode ceramah. Metode ini akan dipakai seperlunya untuk memberikan pengantar dan atau menjelaskan lebih lanjut tentang materi yang didiskusikan.
  3. Metode resitasi. Tugas  dalam mata kuliah ini adalah berupa pembuatan makalah kelompok dan tahfiz al-hadits. Dalam pembuatan makalah kelompok, masing-masing anggota diwajibkan untuk saling bekerjasama dan bertanggungjawab atas makalah yang disusun. Karena itu masing-masing anggota diwajibkan pula untuk mempresentasikannya dalam kelompok-kelompok kecil yang akan dibagi secara acak di kelas.
Panduan lengkap mata kuliah ini silakan dilihat pada link berikut.
Share This

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured post

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU TERKAIT FOKUS MASALAH YANG DIANGKAT DALAM DRAFT PROPOSAL PENELITIAN Dosen Pengampu: Dr. Anton Widyanto

Popular Posts

Search This Blog

Saleum

Selamat Datang di Forum Pembelajaran: Komunitas Pojok Kampus. Terima kasih atas kunjungannya.

Contact Me

Contact Form

Name

Email *

Message *