07 November, 2016

MK USHUL FIQH DAN FIQH

Deskripsi umum
Ushul fiqh merupakan salah satu bagian penting dalam hukum Islam. Bila fiqh dipahami sebagai sebuah “produk”, maka ushul fiqh adalah metodologi yang menjadi dasar dalam pengeluaran “produk” tersebut. Oleh karena itu, mempelajari ushul fiqh merupakan bagian yang mutlak perlu dilakukan oleh para intelektual yang berkecimpung dalam ilmu-ilmu keislaman.
Fikih  merupakan salah satu bidang yang penting untuk dikaji dalam diskursus ilmu-ilmu keislaman. Pengidentikan fikih  sebagai salah satu komponen “syari’at Islam”, bahkan ada yang menganggapnya sebagai hukum Islam itu sendiri (meskipun tentu saja masih diperdebatkan) menunjukkan betapa eratnya fikih  dalam konteks kehidupan keseharian seorang muslim.
Pada umumnya, fikih  meliputi beberapa aspek yaitu ibadah, mu’amalah, munakahat, jinayat, mawarits dan siyasah syar’iyah. Aspek-aspek ini tentu saja sangat luas untuk dicakup dalam pembelajaran berbobot 3 SKS. Untuk itu, maka mata kuliah fikih  ini ditujukan hanya untuk memperkenalkan aspek-aspek tersebut secara umum. Di samping itu, dalam mata kuliah ini mahasiswa juga akan diarahkan untuk memahami beberapa komponen terkait dengan pelaksanaan syari’at Islam di Aceh. Sehingga dengan demikian mereka akan memahami persoalan yang ada di sekitar mereka selama ini. Hal ini dirasa penting untuk mengarahkan pembelajaran fikih  yang diselenggarakan agar lebih “membumi” yang tidak hanya memperkaya aspek kognitif mahasiswa, akan tetapi juga melatih daya kritis mereka terhadap persoalan penegakan syari’at Islam di Aceh.
Metode Pembelajaran
Ada beberapa metode yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini:
  1. Metode diskusi. Sebagian besar materi dalam perkuliahan ini akan memakai metode diskusi. Diskusi yang dimaksud terbagi menjadi dua jenis yaitu diskusi di kelas dan diskusi online. Untuk diskusi di kelas, mahasiswa akan dibagi dalam beberapa kelompok besar, di mana masing-masing anggota kelompok akan menjadi pemateri pada kelompok-kelompok diskusi kecil yang disusun secara acak. Penilaian atas kualitas presentasi akan diberikan oleh masing-masing anggota kelompok-kelompok diskusi kecil tersebut. Sistem ini ditujukan untuk mengantisipasi adanya penyerahan tanggung jawab kepada individu tertentu dalam pembuatan dan penguasaan makalah yang ditugaskan. Sehingga dengan demikian masing-masing anggota akan termotivasi untuk menguasai makalah kelompoknya dengan baik. Adapun terkait dengan diskusi online, kelas ini akan dibuatkan sebuah grup diskusi online yang mempergunakan fasilitas facebook, di mana masing-masing mahasiswa diminta untuk bergabung di dalamnya. Metode ini ditujukan agar mahasiswa tidak mengalami “gagap teknologi” di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini.
  2. Metode ceramah. Metode ini akan dipakai seperlunya untuk memberikan pengantar dan atau menjelaskan lebih lanjut tentang materi yang didiskusikan.
  3. Metode penugasan. Tugas  dalam mata kuliah ini adalah berupa pembuatan makalah kelompok dan pribadi.
Pedoman lengkap tentang mata kuliah ini dapat didownload di link berikut.
Share This

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured post

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU

KERANGKA PENELITIAN TERDAHULU TERKAIT FOKUS MASALAH YANG DIANGKAT DALAM DRAFT PROPOSAL PENELITIAN Dosen Pengampu: Dr. Anton Widyanto

Popular Posts

Search This Blog

Saleum

Selamat Datang di Forum Pembelajaran: Komunitas Pojok Kampus. Terima kasih atas kunjungannya.

Contact Me

Contact Form

Name

Email *

Message *